JAKARTA, KORANSATU.ID – PT LRT Jakarta dan PT Blue Bird Tbk sepakat untuk menjalin kolaborasi dalam pengembangan teknologi digitalisasi dan integrasi sistem layanan transportasi publik. Kesepakatan ini dilakukan melalui penandatangan nota kesepahaman (MoU) kedua pihak di Stasiun LRT Jakarta Pegangsaan Dua, Rabu (9/3/2022), Penadatanganan dilakukan Direktur Utama PT LRT Jakarta Hendri Saputra dan Direktur Utama PT Blue Bird Sigit Djokosoetono. Hadir jajaran PT LRT Direktur Keuangan dan Dukungan Bisnis PT LRT Jakarta Adrian Rusmana, Direktur Operasi dan Pengembangan PT LRT Jakarta Aditia Kesuma Negara.
Sementara itu, turut hadir Direktur Utama PT Blue Bird Tbk – Sigit Djokosoetono, Chief Commercial Officer PT Blue Bird Tbk Coody Johasman Majid, serta Vice President Operasi Pusat PT Blue Bird Tbk Aris Budiarto.
Direktur Utama PT LRT Jakarta Hendri Saputra mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan dan pemanfaatan aplikasi digital yang dimiliki oleh LRT Jakarta dan Blue Bird Group (BBG) nantinya tidak terbatas pada pemesanan layanan, informasi tarif, rute dan program loyalty.
“Melalui layanan Business to Business (B2B), PT LRT Jakarta akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak dalam meningkatkan kepuasan layanan LRT Jakarta melalui berbagai inovasi digital dan integrasi moda transportasi,” kata Hendri dalam keterangannya, Kamis (10/03/2022).
Sementara itu Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Sigit Djokosoetono mengungkapkan apresiasi atas kolaborasi yang terjalin antara kedua perusahaan.
Menurutnya, kini sejalan dengan transformasi digital yang sedang Blue Bird jalankan menuju usia 50 tahun perusahaan.
“Kami senang dapat menjadi partner strategis PT LRT Jakarta untuk perkembangan teknologi digitalisasi dan peningkatan kualitas transportasi massa melalui integrasi,” ucapnya.
Blue Bird telah menjalankan tiga pilar transformasi untuk membangun ekosistem mobilitas yang disebut Mobility as a Service (MaaS).
Pilar transformasi tersebut adalah Multi-Channel Reservation, di mana masyarakat mendapatkan keberagaman akses untuk mendapatkan layanan Blue Bird.
Multi-Payment, di mana masyarakat mendapat beragam pilihan metode transaksi dan Multi-Product, di mana masyarakat dapat memilih beragam jenis layanan Blue Bird sesuai dengan kebutuhan mereka.
PT LRT Jakarta dan PT Blue Bird Tbk kini menjajaki lebih banyak peluang kerja sama dalam hal joint marketing campaign baik secara online maupun offline.
Kolaborasi yang terjalin juga dimaksudkan untuk memberikan pemanfaatan secara komersial atas aset stasiun agar dapat digunakan untuk pelayanan penumpang dari armada milik PT Blue Bird Tbk yang meliputi kegiatan promosi, penempatan signage dan penyediaan shelter.
Serta dalam penyediaan tempat untuk penempatan iklan yang meliputi antara lain customer blast e-mail, Instagram, Facebook dan Youtube Official Channel.
“PT LRT Jakarta berharap, berbagai layanan Business to Business ini bisa menjadi solusi yang dapat membawa perubahan positif bagi bisnis LRT Jakarta serta Blue Bird dalam mengembangkan layanan operasional serta menumbuhkan bisnis lebih jauh.
LRT Jakarta sebagai moda transportasi publik ramah lingkungan pun berkomitmen akan terus membuka diri untuk menjalin kerja sama strategis dengan pihak-pihak lainnya untuk menciptakan layanan yang lebih terintegrasi dan berkelanjutan,” tutupnya. (Syafrizal)