JAKARTA, KORANSATU.ID – Kantor Pertanahan (Kantah) ATR/BPN Kota Administrasi Jakarta Barat, berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat di era globalisasi dan transformasi digital saat ini. Dalam upaya menjadi Kantor Pertanahan Modern, Profesional dan Terpercaya, dengan data lengkap untuk pelayanan publik.
Kepala Kantor Pertanahan ( Kantah) ATR/BPN Kota Administrasi Jakarta Barat, Sri Pranoto, membeberkan komitmen, rencana dan perubahan kepada wartawan saat keliling dan menunjukkan perubahan loket ruang pelayanan dan fasilitas digital pelayanan publik Kantah ATR/BPN Kota Administrasi Jakarta Barat, Kamis, (2/9) pagi.
Menurutnya, wujud nyata di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat adalah jumlah berkas tunggakan layanan sudah mulai berkurang.
” Kami siap menerima keluhan dan pengaduan tentang layanan kami untuk perbaikan dan mewujudkan Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat menjadi Kantor Pertanahan Modern untuk pelayanan dan Kantor Pertanahan Data Lengkap, ” katanya.
Disadarinya, perbaikan pelayanan publik yang menjadi harapan seluruh masyarakat, tidak hanya cukup oleh penampilan wajah atau fisik bangunan.
Tentunya, jelas Sri, peningkatan kualitas petugas pemberi layanan juga harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, nyaman, bersih dan tentunya ramah.
Mengingat, tambahnya, masih rendahnya kualitas pelayanan publik merupakan salah satu sorotan yang diarahkan kepada birokrasi pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Dan ini, lanjutnya, menjadi tantangan dalam melaksanakan reformasi birokrasi untuk mewujudkan layanan yang prima.
Diakunya, Kantor Pertanahan ATR/BPN Kota Administrasi Jakarta Barat sebagai salah satu Kantor Pertanahan tipe besar yang mempunyai tugas memberikan layanan publik pertanahan kepada masyarakat telah merubah paradigma tersebut dengan wujud nyatanya reformasi birokrasi pemerintah dalam memberikan layanannya kepada masyarakat.
” Dengan tidak hanya bersolek pada fisik bangunan kantor saja, tapi juga diikuti dengan wujud peningkatan kualitas dan mutu pelayanannya, ” jelasnya.
Pihaknya, telah menginstruksikan kepada seluruh staf dan jajarannya untuk berbuat dan bekerja melayani masyarakat dengan ramah, informatif dan cepat dengan semangat melayani, profesional dan terpercaya.
Loket Khusus
Perubahan sangat kentara dimulai awal tahun 2021, dengan perubahan bentuk atau design ruang loket pelayanan yang lebih nyaman untuk pemohon.
Dimana, loket dibuat dengan beberapa bagian, terdapat Loket Khusus untuk pemohon tanpa kuasa, kemudian ada loket khusus pensiunan, ditambah loket Lansia dan Disabilitas yang tersendiri.
Disediakan juga loket khusus Informasi dan pengaduan masyarakat untuk mendapatkan informasi berkas layanan dan melakukan diskusi dengan petugas.
Kemudian loket Informasi Layanan Pertanahan dengan adanya monitor-monitor digital KIOS-K, Sentuh Tanahku dan Papan Digital, terdapat Loket Online dan Validasi untuk pelakasanaan layanan elektronik dan validasi data buku tanah dan bidang tanah, Loket Penyerahan dengan petugas yang cekatan dan adanya survey IKM.
Bahkan, Loket Konsultasi untuk masyarkat dapat berdiskusi dan mendapatkan informasi kekurangan dan kelengkapan berkas serta fasilitas-fasilitas lain yang menunjang bagi pemohon yang datang ke kantor Pertanahan Jakarta Barat.
Dijelaskan Sri, perubahan loket layanan dan perubahan pola layanan yang dibuat lebih jelas, terarah dan tetap melaksanakan layanan di masa pandemi dengan tetap menjaga protokol pencegahan Covid-19.
Memaksimalkan dan memastikan semua layanan yang sudah elektronik yaitu layanan elektronik untuk Pengecekan, Hak Tanggungan, Roya, SKPT dan Informasi Zona Nilai Tanah untuk wajib di jalankan, jelas Sri.
Masyarakat pengguna layanan sendiri yang akan merasakan perubahan yang dilakukannya. *dir*